Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbisnis Online

Assalaamu'alaikum . Sobat pasti sudah tau bahwa skarang ini lagi jamannya orang mencari penghasilan tambahan dari Internet. Nah sebagai pengantar, anda mungkin bertanya "apa sih untungnya kalau kita mencoba membuka sebuah usaha dari internet? apa ada resikonya? berapa biaya / modal untuk membangun usaha tersebut?"

Nah, pendapat sobat mungkin berbeda beda nih. Kalau menurut pendapat saya sendiri, untungnya kalau kita mengelola dan mengembangkan usaha kita melalui internet, usaha kita Insya Allah akan dikenal banyak orang di berbagai daerah maupun di seluruh dunia. Pernahkah sobat berfikir bahwa ini cukup beresiko?

Sebenarnya sih iya. Karena kenapa?  Mengingat sekarang sudah berbagai macam bentuk penipuan baik melalui internet maupun melalui sms. Coba bayangkan jika sobat mendaftarkan diri di sebuah bisnis online yang mengaku bermodal kecil ataupun bahkan GRATIS namun ternyata sangat merugikan.

Resiko yang lain ialah kemungkinan besar penghasilan yang kita dapatkan tidak melebihi dari apa yang kita telah keluarkan. Contoh : Jika sobat sedang mengelola sebuah usaha dan mempromosikannya melalui situs periklanan, belum tentulah akan banyak konsumen yang tertarik.

Dan lagi, sangatlah sulit untuk membuat para konsumen dapat memberikan setengah saja kepercayaan kepada kita. Karena melihat keadaan pemasaran sekarang ini, konsumen sudah tidak gampang lagi untuk ditawarkan sebuah produk / jasa tanpa tatap muka. Cara tatap muka pun masih sulit untuk meyakinkan konsumen. Hanya perlu keahlian khusus untuk meyakinkan mereka dengan sopan, ramah, tanpa paksaan dan jujur.

Ada yang terlupa nih. Cobalah sobat mengamati atau mempertimbangkan apakah bisnis yang akan sobat buka ini adalah usaha yang benar benar halal dan bebas penipuan? Sekarang kan sudah banyak yang namanya SCAM terutama yang biasnya bermunculan lewat sms yang memberikan penawaran salah satunya yaitu bisnis pulsa elektrik yang menawarkan sobat dengan harga yang jauh lebih murah. Pulsa 5000 dijual dengan harga 4500. Terus, keuntungannya dapat dari mana? Nggak masuk akal kan ?

Terakhir, berapakah modal untuk membuka usaha tersebut? Bukan hanya modal berbentuk materi saja. Dalam hal ini waktu dan kesempatan pula adalah modal. Selain itu, apakah sobat mampu menjalankan usaha ini sendirian atau memang memerlukan teman kerja atau karyawan atu semacamnya?

Nah cobalah sobat pahami dan pelajari serta mempertimbangkan lagi. Jika memang sobat benar benar yakin bahwa sobat bisa memngembangkan dan mengelola usaha sobat baik online maupun offline, silahkan sobat menjalankan sebuah usaha yang memang mungkin bisa bermanfaat untuk sobat dan juga untuk konsumen.

INGAT ! Ini hanyalah sebuah tips dan tidak ada tujuan apa pun untuk menghambat sobat untuk berwirausaha. Jadi, jika ada kesalahankata, mohon dimaafkan dan dimaklumi.

There Are No Comments To This Post;

Silahkan Poskan Komentar Anda