Mendesain Sebuah Web

Assalamu'alaikum sobad ! Sori yah klu updatenya lama. Tapi yah mudah mudahan bs dimaklumi neh. Sekarang sy sih mau lanjutin artikel Mengenal Dasar HTML yang pernah sy publikasikan tempo hari. Pada kesempatan kali ini yah palingan sy cuma pengen berikan sedikit bayangan tentang cara mendesain sebuah halaman web.

Langsung aja deh gan kita masuk ke pokok ke pembahasan. Nah, tips dari sy nih klu agan pengen desain sebuah halaman web, agan mestinya tau' tujuan web itu didirikan untuk apa. ( Jangan ampe' kayak sy nih -_- ). Desainnya harus mengena terhadap tema website itu.

Dalam sebuah halaman web, ada beberapa elemen penting yang biasanya sering digunakan. Contohnya : header (kepala halaman web, semacam kop suratlah), bagian khusus entri, sidebar, catakan kaki, dll.

Untuk awalannya, coba deh agan copy kode HTML di bawah.


Coba copy paste kode di atas pada notepad sajalah lalu save as filenya. Pada bagian Save As Type, ganti dengan All Files dan ketikkan nama file tersebut dengan akhiran ".html". Misalnya "index.html". Nah, sekarang buka filenya dan anda bisa lihat sendiri hasilnya.

Itu adalah bagian dari template web yang telah dibuat dengan tehnik dasar. Dan coba kalau saya tambahkan profil serta gambar pada desain tersebut.


Nah coba copy paste lagi kodedi atas pada notepad dan save dengan cara yang sama dengan sebelumnya. Dan lihat hasilnya pada browser agan. Srr jadilah sebuah halaman web. Sekarang agan bisa mengedit semuanya sesuka agan. Karena inti dari desain web hanyalah mengedit, mengedit dan mengedit. Kita hanya perlu melihat dan memahami contoh yang ada. Lalu mempraktekkannya, lalu bereksperimenlah dengan itu semua.

Untuk kesempatan selanjutnya Insya Allah akan di bahas tentang cara hosting dan memanajemen serta mengelola web tersebut. Terima Kasih.

2 komentar: