Mengenal HTML ( Dasar )

HTML ialah salah satu bahasa pemrograman biasanya digunakan / dimanfaatkan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan informasi informasi lainnya dengan menggunakan tools yang ada.

Contoh pertama ialah jika saya ingin membuat sebuah halaman web sederhana, maka saya membutuhkan program HTML sebagai format pembuatan halaman web saya.

Contoh kedua jika saya ingin membuat sebuah form agar saya dapat membukanya menggunakan browser, lalu mengirimkan data form tersebut ke email tujuan, maka untuk mendesain formnya ialah dengan menggunakan HTML.

Mari saya ajak anda untuk mempelajari dasar dasar dari HTML. :

Nah untuk membuat kode html, anda memerlukan notepad sebagai toolsnya. Jadi, pertama buka Notepad pada komputer agan (pasti agan agan semua udah pada tau' letak notepadnya di mana. kalau belum, langsung aja klik logo windows . accsessories . notepad).

Kedua masukkanlah kode berikut :

<html>ini bapak budi</html>

Nah sekarang save file tersebut dan ganti file type menjadi All Files. Berikan file tersebut nama dengan diakhiri dengan .html. Contoh saya save file tadi dengan nama ismail.html. Buka file tadi dan lihat apa yang terjadi.

Nah, sekarang dengan efek bold, italic dan underlined (huruf tebal, huruf miring dan ggaris bawah). Caranya hampir sama, tinggal buka notepad lagi dan masukkan :

<html>
<b>ini bapak budi</b> <i>ini bapak budi</i> <u>ini bapak budi</u>
</html>

Save dengan cara yang sama dan lihat hasilnya. Sekarang buka lagi notepadnya dan masukkan kode berikut :

<html>
<b>ini bapak budi</b><br />
<i>ini bapak budi</i><br />
<u>ini bapak budi</u>
</html>

Bagaimana ? Ada perbedaan kan ? Sekarang kita masuk ke pembahasan.

Kode <html> dan </html> itu berfungsi sebagai tag pembuka html. Jadi, tiap kali kita akan membuat kode html, maka kita menggunakan tag tersebut. Dan untuk tag <b>, <i>, dan <u> merupakan salah satu dari banyak format HTML yang ada yang dapat menimbulkan efek terhadap tulisan tersebut. Untuk semua tag yang mempunyai tanda "/" sebelum kode, mis </html>, </b>, </i> dll itu menandakan sebagai tag penutup dari sebuah kode.

Untuk tag <br /> hanyalah berfungsi layaknya tombol ENTER dalam keyboard komputer agan. Yaitu untuk membuat kalimat berikutnya membentuk paragraf baru atau turun satu baris.

Mungkin sekian untuk hari ini :D Memang tutorial ini sudah banyak diketahui tapi apa salahnya sih kita share 8) Semoga bermanfaat !

There Are No Comments To This Post;

Silahkan Poskan Komentar Anda